Sertifikasi Kompetensi Operasi Penyulingan Minyak Atsiri

Sebagai tindak lanjut ditandatanganinya Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2019 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Industri Pengolahan Golongan Pokok Industri Bahan Kimia dan Barang dari Bahan Kimia Bidang Industri Minyak Atsiri dan Turunannya, maka Kementerian Perindustrian mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi bagi penyuling se-Indonesia. Rencananya, pada 2019 ini akan ada 70 penyuling yang mengikuti program ini.

Pelaksanaan tahap pertama telah dilakukan pada 25 – 31 Agustus 2019. Pelatihan tahap pertama ini diikuti oleh 36 orang peserta yang berasal dari Aceh sampai dengan Sulawesi Selatan. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di PT Pemalang Agro Wangi Kabupaten Bogor.

Selain pelatihan, peserta juga melakukan kunjungan ke PT Sinkona Indonesia Lestari, sebuah perusahaan patungan PTPN VIII dan PT Kimia Farma. PT Sinkona Indonesia Lestari adalah salah satu industri besar yang melakukan penyulingan minyak atsiri dengan teknologi tinggi di Indonesia.

Pelatihan diisi oleh Dewan Atsiri Indonesia dan ditutup dengan Sertifikasi Kompetensi oleh LSP Agribisnis Ambissi. Kompetensi yang diases mencakup perajangan bahan baku, pengeringan bahan baku, penyulingan minyak atsiri, dan pengemasan minyak atsiri. Sebanyak 97% peserta dinyatakan kompeten dan berhak mendapatkan sertifikat kompetensi di bidang operasi penyulingan minyak atsiri. 

Leave a Reply