Delapan Barista dari Enam Hotel di Kota Batu Lulus Sertifikasi

KOTA BATU РDelapan dari sepuluh barista dari Kota Batu dinyatakan lolos sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikat Profesi), Jumat (21/7/2017). Para  barista sebelumnya menjalani uji kompetensi yang berlangsung di Kampung Lumbung Boutique Hotel, 20-21 Juli 2017.

Barista merupakan suatu pekerjaan membuat dan menyajikan kopi yang berbasis espresso kepada pelanggan.

Sepuluh barista ini dari enam hotel yang ada di Kota Batu. Selama dua hari ini barista mendapatkan pelatihan meracik hingga akhirnya uji kompetensi.

Bimbingan teknis dan sertifikasi kompetensi barista ini diinisiasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu.

Ketua PHRI Kota Batu Bambang Setia Dharma mengatakan kegiatan tersebut digelar karena banyak wisatawan luar kota sering kali mencari kopi dengan racikan yang enak oleh barista. Karena itu, perlu adanya bimbingan teknis dan sertifikasi.

“Sejauh ini belum ada sertifikasi barista di Kota Batu. Padahal di hotel-hotel banyak wisatawan yang ingin mencicipi kopi yang enak. Karena itu kami menyelenggarakan kegiatan ini,” kata Bambang kepada BatuTIMES.

Pelatihan dan sertifikasi ini sekaligus sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) lokal Kota Batu agar siap berkompetisi dan berkualitas nasional.

“SDM Kota Batu ini harus disiapkan melihat pariwisata di sini terus berkembang. Terlebih tamunya juga dari berbagai mancanegara, sehingga SDM-nya harus siap,” tambahnya.

Uji kompetensi ini sesuai SKKN (standar kompetensi kerja nasional). Pelaksana sertifikasi oleh Masyarakat Kopi Indonesia, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kopi Indonesia, LSP Agribisnis Ambissi dan BNSP. (*)

Sumber: http://www.batutimes.com/baca/7928/20170721/223602/delapan-barista-dari-enam-hotel-di-kota-batu-lulus-sertifikasi/

 

Leave a Reply