Program Lampung Kompeten Tingkatkan SDM Daerah

radartvnews.com – Pemerintah Provinsi Lampung didukung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Agribisnis Ambisi akan mencanangkan program ” Lampung Kompeten”. Hal ini diungkapkan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono ketika membuka Rapat Persiapan Lampung Kompeten Bersama Kepala BNSP dan Ketua LSP, di Balai keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung, (12/10/2016).

Lampung kompeten merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Lampung untuk meningkatkan kemampuan/kapasitas sumber daya manusia (SDM) daerah melalui program sertifikasi keahlian/profesi, agar bisa diakui di sektor pekerjaan tertentu dan memiliki nilai tawar yang tinggi di bursa kerja Nasional maupun Internasional.

Dalam Sambutan tertulis Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang dibacakan oleh Sekprov menyampaikan, peningkatan Kompetensi akan dikelompokkan dalam dua kategori. “Pertama Kompetensi SDM Aparatur sebagai pilot project reformasi birokrasi dan Kedua kompetensi masyarakat melalui sertifikasi oleh BNSP dan LSP. Prioritas pada bidang pertanian, infrastruktur, kesehatan, dan pariwisata,” ujar Sutono.

Dari keterangan Kabag Humas Biro Humas dan Protokol Heriyansyah menginformasikan, dengan mempertimbangkan bahwa sektor Pertanian, kehutanan dan perikanan menopang 31,8% perekonomian Provinsi Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung akan memprioritaskan pada tahap awal target sertifikasi akan diberikan kepada 5000 (lima ribu) orang pekerja dari sektor pertanian. Selanjut pada Tahun Anggaran 2017 di rencanakan untuk profesi lainnya melalui pelatihan di BLK, Perguruan Tinggi dan SMK.

Sementara dalam laporan Ketua Bappeda Taufik Hidayat melaporkan, dalam rapat perencanaan yang diisi dengan panel diskusi menghadirkan narasumber komisaris BNSP Ir. Surono dan Komisaris Utama LSP Nurcahyo Adi
Dengan mengusung tema ” untuk mewujudkan SDM Provinsi Lampung handal dan berdaya saing”, acara diikuti 150 peserta dari unsur FORKOPIMDA, perwakilan dari Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung, Dinas/Instansi terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Akademisi dan BLK se -Provinsi Lampung. (Rls/Min)

Sumber: https://www.radartvnews.com/program-lampung-kompeten-tingkatkan-sdm-daerah/

Leave a Reply